Header Ads

arly_sport
  • Breaking News

    Aplikasi Raport Digital (ARD) Excel MI, MTs dan MA sesuai Juknis Penilaian Dirjenpendis Terbaru

    Pada tanggal 27 November 2020 Direktorat Jenderal Pendidikan Islam Kemenag RI melayangkan surat bernomor B-2803/DJ.I/Dt.I.I/PP.00/11/2020 perihal penggunaan Aplikasi Raport Digital (ARD) kepada Kepala Kantor Wilayah Kementrian Agama Provinsi Se Indonesia. Dalam surat tersebut disebutkan bahwa untuk penyusunan laporan hasil belajar atau rapor semester ganjil tahun ajaran 2020/2021, diminta seluruh madrasah (RA, MI, MTs, dan MA) tidak menggunakan aplikasi ARD sampai terselesaikannya sistem penilaian rapor digital yang sedang diselaraskan. 

    Sementara waktu penyusunan rapor semester ganjil tahun ajaran 2020/2021 agar dilakukan secara manual.

    Surat tersebut membuat panik seluruh PTK di madrasah yang selama ini menggunakan ARD online dari Kemenag.


    Alhamdulillah, saya telah membuat Aplikasi Raport Digital (ARD) versi Excel yang memanfaatkan bahasa pemprograman VBA (macro) sehingga memudahkan proses penilaian yang dilakukan guru dan pencetakan raport. Aplikasi raport ini sudah disesuaikan dengan juknis penilaian Dirjenpendis terbaru tahun 2018.


    Silahkan diunduh Juknis Penilaian dari Dirjenpendis dibawah ini :

    • Keputusan Dirjen Pendis Nomor 5161 Tahun 2018 tentang Petunjuk Teknis Penilaian Hasil Belajar pada Madrasah Ibtidaiyah, UNDUH DI SINI
    • Keputusan Dirjen Pendis Nomor 5162 Tahun 2018 tentang Petunjuk Teknis Penilaian Hasil Belajar pada Madrasah Tsanawiyah, UNDUH DI SINI
    • Keputusan Dirjen Pendis Nomor 3751 Tahun 2018 tentang Petunjuk Teknis Penilaian Hasil Belajar pada Madrasah Aliyah, UNDUH DI SINI

    Fitur Aplikasi Raport Digital Excel versi 20


    Aplikasi Raport Digital (ARD) versi Excel yang saya buat mempunyai beberapa fitur yang berbeda dengan aplikasi raport lainnya, diantaranya :

    1. Generate Daftar Nilai


    Aplikasi Raport Digital (ARD) Excel mampun membuat aplikasi daftar nilai mapel untuk semua guru mapel yang ada di kelas bersangkutan. Aplikasi daftar nilai mapel ini nanti diserahkan kepada guru mapel yang bersangkutan untuk diisi nilai, setelah selesai diberikan lagi kepada Wali Kelas untuk di input nilainya ke aplikasi raport dengan cara [IMPORT]. Ada 2 tombol Generate, yaitu [Generate Daftar Nilai] untuk membuat aplikasi daftar nilai mapel berdasarkan mapel yang di pilih dan [Generate Daftar Nilai Sikap] untuk membuat aplikasi daftar nilai sikap spiritual dan sikap sosial peserta didik, dimana aplikasi daftar nilai sikap diserahkan kepada Wali Kelas atau BK untuk mengisi nilainya.

    Di dalam aplikasi daftar nilai mapel sudah terdapat aplikasi analisis ulangan harian sehingga guru bisa melakukan analisis ulangan yang telah diadakannya. Ada dua (2) jenis aplikasi Analisis Ulangan Harian (AUH), yaitu Analisis Ulangan Harian Essay dan Analisis Ulangan Harian Campuran (pilihan ganda & Essay).




    2. Ledger Nilai

    Aplikasi Raport Digital (ARD) Excel disertai fitur ledger nilai (kumpulan nilai) peserta didik untuk semua mapel. Jika input nilai semua mapel telah dilakukan maka ledger nilai akan menampilkan semua nilai dari peserta didik dalam satu kelas, berikut penampakannya.



    3. Laporan Individu Peserta Didik (LIPD)

    LIPD merupakan rekap nilai peserta didik selama setahun pelajaran, akan ditampilkan nilai-nilai mapel semester ganjil dan semester genap selama setahun beserta grafik pencapaiannya, ekskul dan prestasinya selama setahun.



    4. Backup, Restore dan Hapus Database

    Aplikasi Raport Digital (ARD) Excel dilengkapi fitur Backup, Restore dan Hapus Database. Fitur Backup Database untuk membuat backup file terhadap semua data yang telah diinput di aplikasi. Jika menu Backup DB di klik, maka otomatis aplikasi raport digital akan membuat file excel baru yang berisi semua data yang sudah terinput selama satu tahun pelajaran.

    Fitur Restore database dengan cara klik menu [Restore DB] maka aplikasi akan membuka dialog box open file. Silahkan pilih file hasil backup untuk di restore (dikembalikan) datanya ke aplikasi raport.

    Fitur Hapus Database dengan cara klik menu [Hapus DB], ini dilakukan saat pertama kali akan mengisi nilai raport pada semester ganjil agar data siswa beserta nilainya yang ada di aplikasi terhapus untuk digunakan pada tahun pelajaran baru.

    5. Fitur Konsultasi Online

    Aplikasi Raport Digital (ARD) Excel menyediakan fitur untuk berkonsultasi dengan programer melalui kontak WA Web, Inbox Messenger Facebook dan E-mail. Untuk melakukan konsultasi tinggal pilih metode konsultasi dengan klik menu [WA Web] atau [Inbox FB] atau [E-Mail] yang berada di ujung kanan menu-menu ribbon (atas). Pastikan Anda tersambung internet untuk melakukan konsultasi online 😊

    6. Fitur Kartu Siswa

    Aplikasi Raport Digital (ARD) Excel juga menyediakan fasilitas pencetakan Kartu Siswa untuk seluruh siswa dalam satu kelas. Kartu Siswa dilengkapi dengan foto siswa yang akan disimpan dalam folder khusus. Pencetakan ada dua pilihan, cetak kertas ataupun cetak PDF (disimpan dalam format digital PDF).



    Silahkan unduh Aplikasi Raport Digital (ARD) versi Excel untuk MI, MTs dan MA sesuai dengan juknis penilaian terbaru dari Dirjenpendis Kemenag, klik tombolnya ya...😀




    Semoga bermanfaat 🙏🙏






    2 komentar:

    1. Aplikasi raport nya sangat bagus pak kalu bisa tolong kasih kode aktivasinya dong biar saya bisa gunakan

      BalasHapus
    2. Saya tlp di nomernya gk bisa dihubungi

      BalasHapus

    Post Top Ad

    Post Bottom Ad