Header Ads

arly_sport
  • Breaking News

    Multimedia Pembelajaran Interaktif Biologi "Keajaiban Sel"

    Dalam mempelajari biologi terutama bab sel yang berukuran kecil tentunya siswa akan merasa kesulitan tanpa adanya dukungan gambar, praktek langsung mengamati sel beserta organel-organelnya. Tidak semua sekolah mempunyai peralatan laboratorium yang memadai, mempunyai mikroskop yang baik yang mencukupi kebutuhan praktikum apalagi mempunyai mikroskop elektron. Kajian sel mendapatkan perhatian lebih dalam ilmu biologi, sehingga menghasilkan cabang ilmu biologi yaitu sitologi. Perkembangan pengetahuan mengenai sel didukung oleh perkembangan penemuan mikroskop elektron. Organel-organel sel hanya bisa diamati oleh mikroskop elektron sehingga bisa menyingkap rahasia dibalik kehidupan di alam sel.

    Multimedia Pembelajaran Interaktif "Keajaiban Sel" menjembatani peserta didik untuk memahami konsep sel dengan baik tanpa harus mengamati dibawah mikroskop elektron yang harganya tentu tak akan terjangkau bagi pihak sekolah. Siswa akan diajak menjelajahi kehidupan di dalam sel dengan menarik dengan suguhan video, animasi serta game-game interaktif yang merangsang siswa untuk betah berlama-lama di depan komputer mempelajari sel. 


    Kelebihan MPI Keajaiban Sel
    Program pembelajaran Keajaiban Sel mempunyai kelebihan dibandingkan dengan program pembelajaran yang lainnya. Beberapa kelebihannya yaitu :
    1. Interaktif dan user friendly menyesuiakan kebutuhan peserta didik
    Saat pertama masuk, peserta didik akan diajak memikirkan bagaimana sebuah sel yang kecil mampu melakukan pekerjaan-pekerjaan yang rumit dan sangat kompleks. Peserta didik juga akan disapa oleh program setelah menginputkan nama. Desain disusun sederhana dan interaktif. Disediakan tombol-tombol navigasi yang memudahkan peserta didik mengakses konten pembelajaran sesuai dengan tingkat pemahamannya.

    2. Gambar, animasi dan video yang mendukung
    Disediakan gambar-gambar sel beserta organel-organelnya secara lengkap, baik gambar asli dari pengamatan mikroskop elektron maupun gambar rekayasa. Selain itu juga disediakan animasi serta video yang menarik untuk memperjelas pemahaman mengenai sel. Siswa menonton video sel akan diajak menelusuri kehidupan didalam sel seolah-oleh mereka menaiki sebuah pesawat yang mengelilingi semua bagian-bagian sel beserta penjelasan lengkap.

    3. Virtual Mikroskop
    Multimedia Pembelajaran Interaktif "Keajaiban Sel" menyediakan fitur virtual mikroskop yang berfungsi sebagai laboratorium virtual, jadi siswa bisa melakukan praktikum secara virtual tanpa harus praktikum di lab. Sekolah yang tidak memiliki mikroskop yang memadai bisa menggunakan virtual mikroskop ini untuk menjelaskan penggunaan mikroskop.

    4. Mengajak peserta didik menyadari kebesaran Tuhan atas ciptaan-Nya
    Sejak awal tampilan di halaman apersepsi, MPI ini akan mengajak Anda memikirkan bagaimana keagungan Tuhan berbicara di dalam kehidupan sel. Bagaimana sebuah organel bekerjasama dengan organel lain membentuk satu kesatuan fungsional sel yang menjalankan fungsi kehidupan secara utuh ? Bagaimana organel, yang notabene berupa kumpulan protein dan senyawa kimia yang rumit bisa menjalankan perintah dari inti sel ? Bagaimana sel yang sangat kecil bekerja selama seumur hidupnya tanpa ada kesalahan ? Semua merupakan suatu keajaiban di dalam kehidupan sebuah sel yang sangat kecil, yang mata kita tak akan mampu melihatnya tanpa bantuan sebuah mikroskop elektron yang canggih.
    Di halaman renungan juga akan ditampilkan keajaiban-keajaiban sel yang lainnya. Semuanya akan membuat Anda menyadari, bahwa Anda dan makhluk hidup di dunia ini tidak main-main dalam penciptaannya.
    5. Uji Kompetensi Interaktif
    Pada menu uji kompetensi disediakan soal-soal yang bervariasi, ada soal pilihan ganda, soal multi pilihan bahkan soal interaktif menunjukkan organel sel yang sesuai dengan pertanyaa. Setelah selesai mengerjakan soal akan ditampilkan langsung hasil skornya.
    Multimedia Pembelajaran Interaktif "Keajaiban Sel" bisa diunduh di tombol dibawah ini, ada 2 jenis pilihan file yang bisa dijalankan di komputer (exe) dan yang bisa dijalankan di Android (apk).
     MPI Keajaiban Sel versi komputer

    Tidak ada komentar

    Post Top Ad

    Post Bottom Ad